Selasa, 12 Juni 2012

Tugas Softskill 1 semester 7

1. Jelaskan Pengertian Ilmu Budaya Dasar !

Suatu ilmu yang mempelajari dasar dasar kebudayaan, secara umum pengertian kebudayaan adalah merupakan jalan atau arah didalam bertindak dan berfikir untuk memenuhi kebutuhan hidup baik jasmani maupun rohani. Secara sederhana Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Istilah llmu Budaya Dasar dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic Humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris “The Humanities”. Adapun istilah Humanities itu sendiri berasal dan bahasa latin humanus yang bisa diartikan manusia, berbudaya dan halus. Dengan mempelajari the htimanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa the humanities berkaitan dengan nilai-nilai yaitu nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya. Agar supaya manusia bisa menjadi humanus, mereka hams mempelajari ilmu yaitu the humanities disamping tidak meninggalkan tanggungjawabnya yang lain sebagai manusia itu sendiri. 
Sumber : http://www.membuatblog.web.id/2010/02/ilmu-budaya-dasar.html http://novriadi.blogdetik.com/2011/03/16/pengertian-ilmu-budaya-dasar/

2. Hubungan Ilmu Budaya dasar dengan Sistem Informasi !

Kita pasti melakukan komunikasi dalam kehiduoan sehari-hari, dari informasi yang orang dapat akan berpengaruh dalam kehidupan masing-masing orang. Saat orang saling berkomunikasi, pasti ada informasi yang dapat diterima, ada juga informasi yang tidak dapat diterima, biasanya dalam keadaan seseorang dapat menerima informasi yang dianggap baik dan benar, karena penyampaian yang baik saat berkomunikasi. Seseorang akan mengaplikasikan kehidupannya dengan informasi yang telah diterima orang tersebut akan terpengaruh oleh informasi yang telah dia dapat. Dalam penyampaiannya juga membutuhkan etika dan budaya agar seseorang dapat menerima apa yang disampaikan dengan baik. Informasi tidak hanya diaplikasikan pada cara masyarakat berkomunikasi saja, tetapi juga cara kita mendapatkan berita dari berbagai sumber. Internet adalah alat pemberi informasi tercepat, akurat, dan mudah untuk di akses di semua kalangan. Kita tahu undang-undang dibuat untuk membatasi kelakuan manusia, agar tidak keluar jalur. UU-ITE misalnya, ini menunjukan bahwa etika dan budaya perlu ada dalam menerima atau penyampaian di dunia maya. Hal ini penting, karena untuk membentuk pola pikir masyarakat yang sehat dan logis. Selain itu masing – masing dari ilmu ini, satu sama lain juga saling memiliki manfaat bagi kehidupan kita. Manusia pun akan selalu semakin berkembang bila ia mampu mendapatkan informasi yang sebanyak mungkin ia dapatkan. Selanjutnya informasi yang telah didapat tadi oleh manusia tersebut pada akhirnya bisa merubah cara berfikir, pergaulan, wawasan, kebiasaan, dan bisa merubah pandangan dari niai-nilai yang telah berlaku di masyarakat sekitarnya.
Sumber : http://iqbal1991.wordpress.com/2011/03/02/hubungan-ilmu-budaya-dasar-dengan-sistem-informasi/

3. Jelaskan pengertian kebudayaan !

Kebudayaan itu ibarat sebuah lensa dimana seperti hal nya saat kita menggunakan lensa, untuk meneropong sesuatu kita harus memilih suatu objek tertentu yang akan dilihat secara fokus. Beberapa orang awam mengartikan kebudayaan merupakan sebuah seni. Padahal sebenarnya kebudayaan itu bukan hanya sekedar seni. Kebudayaan melebihi seni itu sendiri karena kebudayaan meliputi sebuah jaringan kerja dalam kehidupan antar manusia.

Berikut ini adalah definisi dan pengertian kebudayaan menurut beberapa ahli :

# EDWARD T. HALL Kebudayaan adalah komunikasi dan komunikasi adalah kebudayaan. 
# IRIS VARNER & LINDA BEAMER Kebudayaan adalah sebagai pandangan yang koheren tentang sesuatu yang dipelajari, yang dibagi, atau yang dipertukarkan oleh sekelompok orang. 
# LARRY A. SAMOVAR & RICHARD E. PORTER. Kebudayaan dapat berarti simpanan akumulatif dari pengetahuan, pengalaman, kepercayaan, nilai, sikap, makna, hirarki, agama, pilihan waktu, peranan, relasi ruang, konsep yang luas, dan objek material atau kepemilikan yang dimiliki dan dipertahankan oleh sekelompok orang atau suatu generasi.
 # GUDKUNTS & KIM. Kebudayaan adalah sistem pengetahuan yang dipertukarkan oleh sejumlah orang dalam sebuah kelompok yang besar.
 # LEVO – HENRIKSSON. Kebudayaan meliputi semua aspek kehidupan kita setiap hari, terutama pandangan hidup - apapun bentuknya - baik itu mitos maupun sistem nilai dalam masyarakat.
 # ROOS. Kebudayaan merupakan sistem gaya hidup dan merupakan faktor utama bagi pembentukan gaya hidup.
 # RENE CHAR. Kebudayaan adalah warisan kita yang diturunkan tanpa surat wasiat.
 # IGNAS KLEDEN. Kebudayaan adalah nasib dan baru kemudian kita menanggungnya sebagai tugas.
 # C.A VAN PEURSEN. Kebudayaan merupakan gejala manusiawi dari kegiatan berfikir (mitos, ideologi, dan ilmu), komunikasi (sistem masyarakat), kerja (ilmu alam dan teknologi), dan kegiatan-kegiatan lain yang lebih sederhana.
 # GEERTZ. Kebudayaan adalah yang mengitari kita, yang menyerbu setiap aspek kehidupan. Budaya serentak konkret dan tersebar, dalam dan dangkal. 
# KARL MARX. Kebudayaan adalah teori anti kebudayaan. 
 # SELO SOEMARDJAN & SOELAIMAN SOEMARDI. Kebudayaan adalah sistem pengetahuan yang meliputi sistem ide yang ada dalam pikiran manusia dalam pengalaman sehari hari yang sifatnya abstrak. 
Sumber : http://carapedia.com/pengertian_definisi_kebudayaan_menurut_para_ahli_info495.html

Jadi, secara garis besar kebudayaan yaitu sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari serta kebudayaan itu bersifat abstrak. Kata budaya atau kebudayaan itu sendiri berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. 
Sumber : http://duniabaca.com/definisi-budaya-pengertian-kebudayaan.html

 4. Sebutkan dan jelaskan macam-macam kebudayan baik di indonesia dan budaya asing !

Kebudayaan Indonesia terlihat dari 3 aspek yaitu, Sosial, Teknologi dan Kesenian. Pertama, aspek sosial yaitu dapat dilihat dari banyaknya pulau di indonesia yang banyak memiliki ras dan suku. Misalnya ada suku Batak di Sumatera, suku Dayak di Kalimantan, suku Betawi di Jawa, dan suku Asmat di Papua dan masih banyak lagi suku yang ada di Indonesia. Kedua, aspek teknologi yaitu dapat dilihat dari senjata, pakaian, sistem transportasi, dan rumah/ bangunan. Setiap propinsi di indonesia memilik senjata khas, pakaian khas, sistem transportasi khas dan bangunan khas tersendiri. Ketiga, aspek kesenian yaitu dapat dilihat sastra(bahasa), tarian, lagu dan alat musik.
Sumber referensi : http://www.anneahira.com/macam-macam-budaya.htm

Tidak dipungkiri kebudayan dari indonesia juga banyak dipengaruhi dari negara luar, contohnya seperti kebudayaan TiongHoa, India dan Arab. Yang pertama, kebudayaan India terutama masuk lewat jalur perdagangan tempo dulu yaitu penyebaran agama Hindu dan Budha, agama tersebut sempat mendominasi Nusantara pada abad ke-5 dengan ditandai dengan berdirinya kerajaan di Nusantara yaitu Kerajaan Kutai sampai penghujung abad ke-15 Masehi. Kedua, kebudayaan Tionghoa masuk dan mempengaruhi kebudayaan Indonesia karena interaksi perdagangan yang intensif antara pedagang-pedagang Tionghoa dan Nusantara (Sriwijaya). Selain itu, banyak pula yang masuk bersama perantau-perantau Tionghoa yang datang dari daerah selatan Tiongkok dan menetap di Nusantara. Mereka menetap dan menikahi penduduk lokal menghasilkan perpaduan kebudayaan Tionghoa dan lokal yang unik. Kebudayaan seperti inilah yang kemudian menjadi salah satu akar daripada kebudayaan lokal modern di Indonesia semisal kebudayaan Jawa dan Betawi. Ketiga, kebudayaan Arab masuk bersama dengan penyebaran agama Islam oleh pedagang-pedagang Arab yang singgah di Nusantara dalam perjalanan mereka menuju Tiongkok. Dan keempat kedatangan penjelajah dari Eropa sejak abad ke-16 ke Nusantara, dan penjajahan yang berlangsung selanjutnya, membawa berbagai bentuk kebudayaan Barat dan membentuk kebudayaan Indonesia modern sebagaimana yang dapat dijumpai sekarang. Teknologi, sistem organisasi dan politik, sistem sosial, berbagai elemen budaya seperti boga, busana, perekonomian, dan sebagainya, banyak mengadopsi kebudayaan Barat yang lambat-laun terintegrasi dalam masyarakat. Sumber : http://akmalozan-gundar.blogspot.com/2010/04/macam-macam-kebudayaan-indonesia.html Kesimpulannya budaya asing itu tidak jauh berbeda dengan aspek-sapek budaya indonesia, hanya saja perkembangan teknologi yang cepat disana mempengaruhi pola pikir masyarakatnya maka tercipta budaya-budaya baru yang lambat laun mempengaruhi juga pola pikir dari masyarakat timur terutama indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar